Monday, June 11, 2007

Nur, salah satu asistenku...

Asisten dan pegawaiku ada 4. Salah satunya Nur ini. Lulusan SD, baru baligh beberapa hari yang lalu. Asalnya 'pedalaman' Pemalang. Kubilang pedalaman, karena ibunya ternyata gak bisa bahasa Indonesia. Bisanya bahasa Pemalang, yang ternyata untuk sama sama orang Jawa, aku juga gak mudheng sama omongannya.

Dan mungkin, itu juga yang bikin Nur rada gak nyambung. Hmm... kata 'rada' sebenarnya sudah sangat membuat sopan, dari yang sebenarnya terjadi.

Selain aku yang bertanggung jawab ngajarin Nur, asisten dan pegawaiku yang lain juga udah padha bilang. Kok susah ya sama Nur. Gak nyambung gitu. Tadinya kupikir 'hanya' karena dia belum pernah kerja. Kerja di rumahku adalah pengalaman pertamanya. Tapi kalo nanya ke Nur, dia selalu keukeuh punya pengalaman kerja... 2 pekan di suatu tempat yang gak jelas... That's all...

Pagi tadi, aku mau pake overall. Kulihat (disamping setrikaan yang gak licin -- tapi ya udahlah, ini mah dimaklumin aja), tali overall nya seperti gak tersentuh sama setrika samsek. Nur kupanggil. Kutanya...
Aku : Ini disetrika gak ?
Nur : Disetrika mi.
Aku : Talinya disetrika gak ?
Nur : Enggak mi.
Aku : Kenapa kok enggak. Kalo bajumu disetrika gak ?
Nur : Enggak mi.
Aku : Lho ??! Kalo ke toko, bajumu gak disetrika ? Keriting donk ?
Nur : Enggak mi.
Aku : Lho ? Bajumu disetrika gak ?
Nur : Disetrika mi.
Aku : Kalo nyetrika bajumu, lengannya disetrika gak ?
Nur : Enggak mi.
Aduh... sampai situ speechless dech...

Udah gitu ada lagi kotoran di pojok dinding. Udah berapa hari yang lalu, kupesan ke Nur, supaya nyapu yang bersih. Disitu disapu. Kutunjukkan tempatnya. Ternyata hari ini, malah kutemukan bangkai kecoak, yang sudah remuk... kayaknya udah berapa hari. Kebetulan tempatnya deket gantungan baju yang dari toko. Kupanggil lagi Nur...
Aku : Nur, lihat gak yang dipojokan tembok itu ?
Nur : lihat mi.
Aku : apa ?
Nur : ini mi.
Aku : iya, itu apa.
Nur : Nur gak tahu namanya mi.
Aku : masak kamu udah umur segitu nggak tahu itu apa. Coba dipikir lagi. Apa itu ?
Nur : Besi mi.
Aku : Lho ?? Itu, yang di pojok...
Nur : Ini khan mi, yang putih putih...
Ampun dech... sejak kapan bangkai kecoa warnanya putih ? Itu mana yang dilihat sama Nur ??

Pernah lagi di toko -- saat itu dia lagi bertugas jaga toko -- ada yang minta baju muslim anak. Ee... sama Nur diambilin baju renang muslim. Loh... bete gak sih ?

Sebenarnya aku udah nawarin ke dia untuk pulang aja. Kita ongkosin dech. Kita minta tolong keluarga dia untuk njemput. Eee... dianya gak mau. Keukueh pengen kerja di tempatku.

Aku discuss sama suami, gimana nich si Nur. Kalo efek di rumah, sejauh anak2 ok, temen kerja dia ok, ya udah. Kita sabar aja. Kalo efek di toko, kemungkinan pelanggan bakal ngabur... kata suami ya udah, rizqi mah dari mana saja.

Ya udah. Akhirnya semua berlapang dada untuk ngajarin dan nutup kekurangan Nur. Mungkin emang lagi dikasih tugas sama Allah buat ngajarin orang yang kayak gitu. Cuman ya itu, karena tugas ndidik masih nempel di aku, jadinya kadang kadang aduh... Gak nyambungnya itu lho....

No comments: